Penetapan Hari Raya Idul Fitri 2009

Ditulis September 17, 2009 oleh ~noe~
Kategori: Ndobos

Tags: , , , , , , , ,

Memperhatikan : Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Hisab Rukyat (BHR) telah melakukan kegiatan rukyat (pengamatan visibilitas hilal), dan dilanjutkan dengan Sidang Itsbat, yang memutuskan apakah pada malam tersebut telah memasuki bulan (kalender) baru, atau menggenapkan bulan berjalan menjadi 30 hari.

Menimbang : Hasil sidang Itsbat yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama, dihadiri oleh seluruh unsur dalam Badan Hisab Rukyat Departemen Agama, termasuk para Pimpinan Seluruh Ormas Islam tingkat Pusat dan wakil dari MUI dan Komisi VIII DPR-RI.

Read the rest of this post »

Konspirasi Munyuk

Ditulis September 16, 2009 oleh ~noe~
Kategori: Satire

Tags: , , , , , , ,

rajamunyuk

Dulu ada masa diriku memasuki tahap di-nol-kan, yaitu suatu bentuk kewajiban mengikuti pembinaan di lingkungan militer dan secara militer. Jika bukan karena keterpaksaan tentu saja diriku ogah 100%. Bagaimana mungkin kulit Lux dan wajah Natasha-ku harus bergumul dengan deru debu?

Di dalam masa orientasinya tentu saja berbagai macam doktrin coba ditanamkan di otakku melalui berbagai acara yang benar-benar menyiksa fisik dan mental.

“Hai, kau!” hardik salah seorang tentara waktu itu.

“Siap!” jawabku sigap.

“Kau pasti benci terhadap tentara. Hayo ngaku !!!”

“Saya lebih benci polisi daripada tentara. Apalagi polisi yang gendut,” jawabku sekenanya sekedar menyelamatkan diri dari push up, guling-guling, atau slulup di selokan.

“Bagus!” tukas tentara itu sembari mrenges cengengesan.

Asem tenan…

Hehe…

Read the rest of this post »

Hiatus Analitic

Ditulis September 14, 2009 oleh ~noe~
Kategori: Ngomyang

Belasan pemuda tampak sedang berkumpul di suatu pos ronda besar, bercakap ngalor ngidul yang sesekali diselingi dengan tertawa lepas tanpa batas etik tata krama feodal. Sejumlah motor yang diparkir di sekelilingnya berjumlah hampir sama banyaknya dengan para lelaki itu.

Kami yang sedang rehat makan dalam perjalanan menuju pantai karang tempat kami memancing hanya memandang dengan sekilas perilaku mereka. Tidak ada yang aneh dari mereka selain dari jumlah mereka yang banyak dan sensitivitas mereka terhadap angkutan kota atau bis yang menurunkan penumpang di pertigaan ini. Setiap kali angkutan itu menurunkan penumpang, aktivitas mereka seolah pause sejenak demi memperhatikan arah jalan si penumpang tadi. Setelah itu mereka asyik lagi mengobrol.

Diriku yang sedari tadi menyelidik keberadaan mereka sudah bisa menyimpulkan dari jenis gender, jumlah motor, jaket, serta pengharapan akan penumpang yang turun dari angkutan. Ya, mereka adalah tukang ojek. Lantas dengan kejumawaanku, keberitakan kesimpulan hasil pengamatan ini kepada rombonganku, bahwa mereka adalah tukang ojek.

Read the rest of this post »

Catatan Kaki Posko

Ditulis September 9, 2009 oleh ~noe~
Kategori: Ngomyang

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

laporan posko”6,8 SR, pusat gempa 200 kilometeran tenggara Wonosari. Marai kagol arep turu.”

Begitu bunyi sms dari teteh jam 23:24WIB semalam.

Semoga tidak berakibat parah karena trauma akibat kegempaan tahun 2006 lalu belum lagi hilang.

Gempa semalam mengingatkanku kembali kepada bencana gempa Tasikmalaya yang tanpa terasa hampir seminggu berjalan. Ribuan orang kehilangan tempat tinggal dan mengungsi ke mana saja asal dijauhkan dari tempat yang berpotensi bencana. Tiada yang lebih menyedihkan selain kehilangan tempat berteduh sekaligus sanak saudara. Barangkali hanya rasa dan tindakan kesetiakawanan saja yang masih bisa menjadi motivasi para korban untuk tetap bertahan hidup dan merintis kehidupan baru.

Di bencana kali ini, ada perasaan kehilangan pada diriku saat hanya bisa mendengar dan melihat sekaligus melewatkan momen untuk bisa mengikat diri dalam satu rasa dengan mereka; berinteraksi dan saling mengisi kekosongan hidup untuk menjadi hikayat yang penuh makna.

Read the rest of this post »

Mulyo, Muspro, lan Ciloko

Ditulis September 4, 2009 oleh ~noe~
Kategori: Ngomyang

Tags: , , ,

“Anda masih bisa tertawa lepas,” sindir seorang bule.

”Emang kenapa, bro?” tanyaku, tentu saja dengan bahasa Tarzan. Aneh, bahkan Tarzan sendiri belum tentu mudheng dengan bahasa yang dibilang bahasanya.

”Orang Indonesia suka tertawa, bahkan dalam kondisi yang tidak patut untuk tertawa.”

Diriku terdiam sejenak. Mencoba merenungkan teguran dari si bule itu.

Read the rest of this post »

Bukan Resensi : Demokrasi La Roiba Fih

Ditulis September 2, 2009 oleh ~noe~
Kategori: resenshit

Tags: , , ,

Demokrasi-La-Roiba-FihSetelah lebih dari dua minggu berkutat dengan buku terbaru karya Cak Nun ini, barulah diriku bisa nge-klik satu frekuensi dengan yang ditampilkannya. Sebenarnya hampir tidak ada beda dengan gaya tulisan Cak Nun pada umumnya, yang menggunakan kalimat baku dengan kandungan renungan yang tidak baku, lebih dari sekedar subjek predikat objek dalam kalimat berita.

Jika sepintas membacanya, dalam ruang dan waktu yang paralel dengan kegiatan lain, barangkali kita akan menilainya sebagai memusingkan, biasa saja, atau malahan sebagai sampah. Dan barangkali kalimat : “numpang lewat”, “good posting”, “nice post”, “wah dalam banget”, “kunjungan…” , “demokrasi yang mantap…”, dan komentar sejenisnya akan berhamburan begitu saja saat kita mencoba fast reading buku ini.

Read the rest of this post »

Spiderman vs Superman part 2

Ditulis Agustus 31, 2009 oleh ~noe~
Kategori: Ngomyang

Tags: , , ,

munyukBalik maning nang ndeso.

Terima kasih telah sudi menjawab dilema pertanyaan Spiderman vs Superman dari dua keponakanku.

Sebagian besar pendapat menempatkan wacana yang arif dalam menyelesaikan sengketa duel Spiderman dan Superman ini. Namun perlu diingat, tidak selalu sikap arif dan bijaksana ini bisa menyelesaikan masalah yang sudah kadung terjadi, khususnya kepada dua pihak yang berseteru. Sikap arif kadang-kadang lebih kepada solusi menggugurkan tanggung jawab individu terhadap permasalahan di lingkungan sekitar.

Ada dua pendapat yang out of the box. Yang pertama pendapat dari Guskar yang menyatakan “nggak ada tempat yg netral”.

Yang kedua datang dari si hantu Julie, yang menyatakan ”Yg menang tergantung judul episodenya. Kalo judulnya superman ya superman yg menang tp kalo judulnya spiderman artinya spider yg menang.”

Hehe…

Read the rest of this post »


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.