SKS

Nanti.
Sebentar lagi.
Dan sebentar lagi.
Hingga jarum pendek jam dinding sudah bergerak melintasi batas waktu bergantinya hari.
Hari di mana jadwal ujian akan berlangsung.

Begitu dan begitu seterusnya saat diriku menghadapi ujian apapun. Ulangan, ujian semester, tes masuk suatu institusi, atau apapun yang berbau ujian kepintaran akademis.

Bisa jadi pembentukan mentalku itu karena hasil contoh para pendahulu kita yang sekarang terbukti di depan mata.

Perhelatan terbesar dalam alam demokrasi negeri ini pun pada akhirnya harus diselesaikan secara marathon dengan sistem kebut semalam (SKS). Ini satu hal yang membantu menghilangkan rasa bersalah atas ketidakdisiplinanku dahulu.🙂

Rasa bangga dari masing-masing tim sukses capres dengan sistem kebut semalam ini seolah-olah menghapus liur lapar yang keluar dari ceracauan mulut-mulut bau kekuasaan.

Kata-kata bahwa ini adalah ’kemenangan demokrasi’ dihembuskan, seolah-olah menempatkan diri dan komunitasnya pada tataran pahlawan yang menyelamatkan nasib rakyat.

Dan memvonis yang lain sebagai pecundang, dengan tetap meneteskan liurnya. Mangap njeplak menyemprotkan jigongnya.

Aku terdiam di sini, makan mie instan full vetsin. Namun tiada rasa sedap yang terkecap. Melainkan hanya rasa mual yang teramat sangat melihat tingkah polah para calon pengatur negeri ini.

Yang riya’ terhadap sumbangsihnya.
Dan yang telah kehilangan sifat kuznudzon kepada saudara sebangsa sendiri.

home, 20090706
lgliatTVOne

Explore posts in the same categories: Ngomyang

Tag: , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

50 Komentar pada “SKS”


  1. untung aq gak ny0ntreng..

    • ~noe~ Says:

      @AeArc
      ga sulit kok pertamax di sini🙂

      @erwine reidha
      turut prihatin, om
      seharusnya kalo bisa punya waktu, diriku pengen mencontreng, namun apa daya. jarak memisahkan ktp dengan domisili.
      tks, om

  2. wahyu Says:

    wah..
    postingan tersingkat dari sampeyan. sekaligus nggilani tur njijii’ karena menyinggung jigong-jigongan. haha…

    • ~noe~ Says:

      @wahyu
      ternyata menulis singkat itu cukup indah dan ringan. sak ceplosan tok sudah rampung🙂
      padahal yang jigong itu sudah tak del tapi kok masih nongol. setelah kroscek ternyata baru ngedel di word. di naskahnya masih gak berubah.
      tks, om

      • wahyu Says:

        lho..

        kenapa harus di del jigongnya. justru menariknya disitu. menjauhkan kesan formalitas.. menguatkan kesan tegas.. marah.. dan memberontak..!

        halah.. ngomong opo to aku ki..!!?😉

  3. omagus Says:

    memang memuakan….

  4. KangBoed Says:

    hehehe.. salute.. bangkitkan HATI NURANI.. JATI DIRI MANUSIA kembalikan.. mulailah dari kita kita yang berkumpul di sini..
    Salam Sayang Selalu

    • ~noe~ Says:

      @kangboed
      siap kangboed
      memang harus mulai dari kita sendiri meskipun tantangannya sudah dimulai dari sekarang dengan contoh-contoh yang tidak baik dari petua kita.
      tks, kangboed

    • KangBoed Says:

      Yayaya.. mari generasi muda.. saya melihat banyak teman yang terbangkit rasa hatinya.. dan mulai mengolah diri
      Salam Sayang

  5. Acha Says:

    sedih bacanya…
    tapi rasa optimis msh tersisa…
    _salam anget_

  6. Oemar Bakrie Says:

    dilemma atau trilemma nih … ? bingung milihnya karena kayaknya bakanlan cuma begini-begini saja …

  7. perajaromance Says:

    Mas jago nulis ya. . hebat neh


  8. Wach kalo gini aku no comment nich

    • ~noe~ Says:

      @acha
      harus
      tetap harus optimis
      trims utk semangatnya…

      @oemar bakrie
      hehehe…
      konteksnya ada pada tim suksesnya, bro.
      kalo calonnya sih mudah2an OK semua secara patriotis.
      tks, bro

      @perajaromance
      coba mana kalimat yang masuk kategori jago itu. jadi tersipu-sipu nih😛

      @kuliah gratis
      biarpun no comment yang penting comment.
      tks 4 comment, bro🙂

  9. Aden Kejawen Says:

    Kalo aku sudah memutuskan dan aku ridho dengan apa yang akan ia lakukan kepada Indonesia 5 tahun kedepan

    setidaknya aku sudah melihat bahwa Indonesia ini begitu banyak bencana dan sebagaian besar penuh tanda tanya!

  10. Endang Kusmana Says:

    Jumpa lagi dik Wisnoe….
    Selamet berjuang tuk..masa depanmu ….!

    Salam dari om kus.

  11. faza Says:

    hadir mas noe…
    kl SKS dah ga jamannya lagi buat dunia yg kau maksud di atas🙂
    cocoknya S3C (Sistem Sikat Semalam Cuyyyy).
    semua sebenarnya berpulang pada masing2 individunya.
    c u…
    note: pertanyaannya dah ku jawab tuh, mudah2an cukup jelas🙂

  12. -3- Says:

    hadir…khan klo kelar dah lueegooo….gak ada lagi poster cakil , gak ada lagi teriakan menyentil , sepi damai , bukan ramai demo…🙂

  13. lelaki aneh Says:

    dulu waktu masih sekolah gue juga pengikut setia sistem sks, wakakakakakakakaka, makanya hasilnya juga ngebut

  14. zefka Says:

    mudah2an negeri ini mendapatkan pemimpin yg terbaik diantara pilihan yg ada saat ini… amin
    meskipun banyak yg masih rebutan “gw yg bikin ini…. gw yg bikin itu….”
    kalo mo mengabdi gak usah ngomong “gw ngasih ini… gw ngasih itu…” ntar rakyat jg tahu sebenarnya siapa yg tulus

  15. azaxs Says:

    yang nyontreng silakan, yang mo golput jangan ajak2 teman😛

    salam kenal mas🙂

  16. tigaw Says:

    s e t u j u a k u n y a m a s
    salam kenal dari tigaw.wordpress.com

  17. morishige Says:

    meskipun politik pada dasarnya merupakan ilmu untuk saling menjatuhkan, saya tetap gak suka sama calon yang suka membuka aib lawan dan menggembar-gemborkan kehebatannya. wtf.

    • ~noe~ Says:

      @faza
      sadis banget
      sistem sikat semalam. jiahaha…
      oiya, setelah tak baca-baca berulang-ulang akhirnya nangkep juga. kunci ada pena putih itu. tinggal kita menerjemahkannya sendiri menurut penerawangan kita masing-masing🙂
      tks, om

      @-3-
      semoga begitu, sob

      @lelakianeh
      kebiasaan buruk kok bisa sama, lho😀

      @zefka
      setuju sekali, om
      memang seperti itu intinya. jangan pernah riya’ lah, karena itu salah satu sifat yang wajib dijauhi.
      tks, om

      @azaxs
      betul..
      setuju🙂

      @tigaw
      sip.
      salam kenal juga. nti diriku tak mampir ke sana, om
      tks, om

      @morishige
      yup.
      hayooo, sudah bulan juli belum ada kabarnya😛


  18. Bukan bermaksud membela, tapi negara butuh dipimpin. Dan pemimpin butuh kepercayaan. Walau tidak ada yang patut dipercaya.

    Hmm… terkadang kita perlu percaya pada suatu pihak.
    Memang ngak terelakkan lagi klo para kalangan atas negara kita kebanyakan memang seperti yang kk bilang itu.

    Tapi ada saatnya kita harus mempercayakan nya.
    live is equivalent trade, jika kita percaya, dan rakyak percaya, maka pihak yang kita percaya akan (mudah-mudahan) terpercaya, insyaallah. Amin…

    • ~noe~ Says:

      @angga yang selalu kritis
      pertahankan, nak🙂
      ini konteksnya pada tim sukses para capres. bisa jadi pribadi capres tidak seperti yang dicitrakan oleh tim sukses. di sini para capres ditempatkan sebagai objek.
      ini bisa kita nilai dari perdebatan yang lebih mengandalkan ego, tanpa pernah mendengar pendapat lawannya untuk mencarikan solusi bersama. intinya, jika berbeda pendapat, maka pendapatku yang benar.
      mudah2an, kita doakan saja semua berjalan lancar dan baik2 saja.
      amin

  19. guskar Says:

    mestinya tim sukses capres-cawapres ngikuti strategi wisnoe… rajin bw, oleh2nya ya banyak suara di blognya, spt ini😛
    td liat metrotv, para petarung sudah nyanyi2 bareng… entah esok stlh tau hasil skor pertandingannya…
    sy berharap sih aman2 saja..

    • ~noe~ Says:

      @guskar
      hehe… ketahuan jejaknya, ya gus.
      jangan2 kita berputar pada poros yang sama🙂
      tapi sebenarnya sudah jadi kebiasaanku dari awal, setelah posting akan bw dengan referensi para tamu pada tiga empat postingan terakhirku.
      nah, berhubung kebetulan tadi ada waktu pas ngeronda kpud dan beberapa postingan terakhir ini tamunya banyak, selama masih bisa konsisten diriku coba usahakan.
      nti kalo kecapean, posting lagi minta mangap ga bisa bw😀
      eniwey, kita selalu berharap tidak ada revolusi pada musim suksesi di negeri ini.
      tks, gus…

  20. kucrit Says:

    nasib kita sama om… gak bisa ikutan nyontreng.. meski menggunakan ktp bisa tapi ktp saja buat di kelurahan gak jadi-jadi.. maklum bukan penduduk asil.. hmm… nontonin aja wes…

  21. bocahbancar Says:

    HHmm…

    Ga ikut nyontreng dech hohohohoho😀


  22. haha..sama, aQ jg bbrp kli terpaksa SKS…parah tp ko hasilnya kdg2 baik jg kok, bahkan sampe g nyangka trnyata Qta keren juga y bs menyelsaikannya dalam semalam.. hehee

  23. indra1082 Says:

    tetap optimis lah……
    salam….

  24. suwung Says:

    kuliah apa apa ya? hehehehe kaburrrrrrrrrrr


  25. salam sukses, memang kita harus bersabar hidup di negeri ini. betapa pun jeleknya negeri ini, inilah rumah kita, tanah kelahiran kita ….mudah-mudah seiring dengan proses akan berobah secara perlahan…


  26. kaum elite negeri ini sedang berusaha membangun citra, mas noe. mereka juga suka perang pakai bahasa dan mulut utk mencari simpati rakyat ketika ancaman krisis itu melanda utk menjanjikan harapan dan impian.

  27. Afrie Says:

    Mie instannya yang rasa apa?😉

  28. Huang Says:

    jadi sia-sia aja kita milih mereka, kalo mereka sendiri emank nggak ada pilihan untuk legowo yaaa

  29. yorick Says:

    SKS.. bukannya sistem kebelakang sebentar…?


  30. SKS
    budaya di masa SMA🙂

  31. Nisa Says:

    Saya jadi malu… karena disiplinnya belum bagus…😦

    belum bagus artinya masih bisa dibuat bagus.
    kalo tidak bagus, nah ini yang susah karena menjadi nilai pasti🙂

  32. eoin Says:

    eh.. kok aku kelewatan yang ini ya??? btw.. makasih sudah mengungkapkan perasaan saya lewat postingan anda.. cuman saya milih diem.. ketawa ketawa.. ah.. tidak menentu lah.. sampai gak posting semingguw.. wekewkweeka

  33. alamendah Says:

    SKS… inget jaman SMA

  34. kawanlama95 Says:

    mas masih bagus masih bisa sks lha waktu aku malah nga sama sekali. selamat malam

  35. haniifa Says:

    Kalau mereka jadi tapi masih keblinger…. kasih obat dagorin ajah biar SKS…. (baca: Smaput Kalian Sekarang)😀

    Salam Hangat, Haniifa.

    hehehe…
    salam hangat, kang haniifa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: