Chef Delenger

Kemarin malam,
ketika rasa mual yang terangat sangat menyerang ulu hatiku dikombinasi dengan lapar yang memuncak, tiada lain yang bisa diasupkan ke dalam mulut selain dari makanan ndeso kelas kambing yang setia menyembuhkan setiap keengganan mulutku bersentuhan dengan makanan rutin.

Dulu,
ketika rasa ini memuncak,
ketika mulut mengatupkan bibir saat bertemu makanan apapun,
saat perut melontarkan isinya ke atas kala terkena asupan,
atau kala tubuhku sudah cukup gemetar untuk sekedar main games sekalipun,
aku cukup pulang kampung dan mengadu
dan ibundaku tahu apa yang harus dimasak untuk generasi kesayangannya.


Sayur bayam, sambal terasi, ikan asin, dan timun sudah bisa mengembalikanku dengan seutuhnya untuk beraktivitas dengan girasnya. Untuk melepas kembali diriku ke kehidupan mencari sesuap nasi.

Kini, ketika ibunda ada nun jauh di sana, ketika teteh harus tetirah lama di provinsi kerajaan, aku mencoba berjuang sendiri untuk mengeksploitasi kemampuan yang pernah kumiliki dulu. Sekedar untuk meluruskan tubuh yang bongkok ini, atau sekedar menenangkan bergetarnya tangan di atas kibod ini.

Aku menamakannya : menu pembangkit motivasi tubuh.

Fungsinya untuk memotivasi tubuhku untuk bermetabolisma normal kembali.

Ini namanya nasi.

segoHai ini masih tetap nasi.😦
Meskipun sangat lembek begini,
dan anehnya meninggalkan kerak di rice cooker.
Bau kutu beras pun masih sangit terasa. Namun minimal ada suatu yang bisa dijadikan alas untuk makananku nanti.

.

Ini sambel terasi mentah.
sambelOlahannya masih sesuai dengan citarasa buatan ibunda. Pokoke nek masalah nyambel terasi, wani diadu karo chef Bara sekalipun.😀

.

.

.

Timun. Hehe.. Cuma timun.😀

timun

Murahnya di sini.
Seplastik isi 12 harganya cuma 1080 perak.
Bandingkan dengan di tempat asalnya teteh yang harganya mencapai 5000 perak.
Aku yakin selisihnya tidak masuk pundi-pundi kosong petani melompong, melainkan kepada roda-roda ekonomi pemodal besar entah di mana.😐

.

Ini gereh layur atau ikan asin layur.
gerehIkan yang aneh😐
Dia bisa bermetamorfosa dari -saat masih mentah- berwarna putih bersih lemu ginuk-ginuk menjadi belut negro kurus kering kecemplung api unggun. Pengorbanan kamar tamu dan kamar tidur dipenuhi asap aroma ikan asin gurih menjadi sia-sia. Hanya dua ekor kucing yang mengeong-eong di halaman menantikan wujud dari aroma ini.

.

Ini mendoan spesial ala backdraft.
mendoan

Jadi wajar saja jika warnanya ada yang hitam legam menjijikkan karena sesuai tema backdraft ini.

.

.

.

Dan ini adalah minuman khas daerah asalnya guskar. poci

Teh poci gula batu.
Bener gak sih, gus?

.

.

.

.

Dan teh poci harus dipadukan dengan ini untuk menambah kenikmatannya.
amild

Kata arek suroboyo : mari mangan gak udut yo eneg…

.

.

.

.

Alhasil, inilah buah perjuanganku semalam.
4sehat5sampoerna

Demi mengusir rasa sesak dan mual yang amat sangat, serta saraf yang sudah tergetar hebat karena melonjaknya sel antibodi-antimakanan normal melonjak tajam.

.

.

Makanan klangenan tanpa gizi ini yang selalu bisa memotivasi tubuhku untuk bisa menerima asupan makanan bergizi lainnya. Sayangnya di supermarket kemarin tidak ada sayur bayam untuk melengkapinya.

Efeknya sudah bisa ditebak. Seharian tadi sudah jalan-jalan ratusan kilometer tanpa ngantuk tanpa mual. Sehat wal afiat dengan makanan khas ndeso.

Untuk ibunda
dan teteh yang lagi sitirohat, tabahlah.

Diriku penuh dengan kesejahteraan di sini.
Dengan pelajaran moral yang aku dapatkan, betapa murahnya harga makanan lezat di warung-warung koboi di negeri ini.
Dengan modal merogoh kocek tak terlalu dalam, sudah cukup untuk menghargai peluh dan keluh kesah para kisanak pelaku perputaran rantai makanan.
Serta sosok hitam renta petani kita di kerontangnya pematang sana…

Salam damai selalu…

Explore posts in the same categories: Ngomyang

58 Komentar pada “Chef Delenger”

  1. ~teteh~ Says:

    Pinternya swamikuu🙂
    Tp jgn keseringan maem gtu yaa..
    mdh2an aq bs pulg scepetnya. Aq pgen pulaang…

    Miss u

  2. guskar Says:

    Noe, sdh berapa lama hidup di tlatah sunda? itu nasi plus sambel di cobek, bawalah ke kebun belakang rumah : tinggal petik daun muda.. btw, sampeyan kok ya nyimpen poci lempung segala ha..ha.. ya..ya.. sy di rumah jg ada, buat tombo kangen.
    sayur favoritku masakan ibu : jangan gori!

    tanah priyangan sudah ta’ tinggal sejak lama. sekarang masih wira wiri dan riwa riwi sepanjang pantura saja.
    jangan gori itu masake lama he gus. kalo bisa masaknya sih pengennya jangan gori itu🙂

    • KangBoed Says:

      waaakaakakak.. kambing yaaa Gus Kar.. hehehe.. memangnya mas Noe di sundanya di mana neh
      Salam Sayang

      udeh kage di sunde guwe..
      guwe di jawe aje kok🙂

  3. eoin Says:

    bwakakwkaka.. *sambil meneteskan air liur* … slurrppp… wuih masih netes**

    itu sih menu sehat beragam dan berimbang ala mamahku noe! ini aku kasih bocoran menu kilat dan sederhana beneran.
    1. nasi dingin, kilat karena sudah tersedia dan masaknya kemaren.
    2. tomat, dirajang dadu, campur sedikit cuka dan garem..
    tuh praktis kan? hehe

    ada lagi,nasi goreng sederhana sangat nikmat. nasi putih digoreng pake terasi, kalo ada pake minyak jelantah, tinggal dicampur garem dikit.

    *jadi teringat masa-masa itu😛 *

    *weks ngiler lagi ngeliad teh poci, iinget waktu di simpang empat, waktu liburan ditempat tanteku yang sangat galak*

    wah-wah
    thanks tips menunya😀
    bakal kuingat-ingat terus jikalau terpepet😀

  4. Jaya Says:

    wow…. seleraku menyeruak. ingin menyantapnya
    apalagi itu ada sambel… belacan ya…
    nyam nyam nyam🙄

    yup. sambel belacan.
    jadi malu sendiri😐

  5. nadya Says:

    hehehe ya ampun makanan khas cowok😉

    emang yang khas cewek pegimane?😐

  6. Huang Says:

    wuih ini makannya lesehan di lantai yaa.. hihihi.. gak ngudut itu rasanya pahit yaaa.. :p

    kalo ndak lesehan, ndak terasa ndesonya, um😀

  7. wahyu Says:

    huahaha…
    adaaa aja ide sampeyan untuk posting om.

    hihi.. geli liat mendoan sampe hitam gitu.
    koq ada cowek watu segede itu om. Dapet dimana?
    Di jakarta nyari setengah mati belum tentu ada. Yang ada malah cowek semen.

    Duuh.. yang pertama nyapa istri tercinta.. ehm..

    lagi macet, om
    piye ya… kerjaan lagi padat, sementara nafsu ngeblog nggak juga berkurang😦

  8. Raffaell Says:

    wuih dah lama banget nih ga makan ginian, hehehe

    ayo bikin kopdar dengan menu ginian🙂

  9. Arie Says:

    Trnyata kowe iso masak jg bro…Good boy…

    hehe…
    berkat sangtheywe blogspot.
    jadi tertantang😀

  10. KangBoed Says:

    SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG

    salam damai sayang dan cinta kasih kangboed🙂


  11. kalo baca artikel di blog ini, bawaannya lapaaaaar terus…mantab sobat

    makanya kalo lagi bw perut musti diisi dulu😛
    blognya makin keren aja bro

  12. AeArc Says:

    wah enak banget,

    nyam…nyam
    emang kebayang rasanya?
    wong pada gosong semua
    jiahaha…

  13. endar Says:

    dari tampilannya kelihatan enak sekali. lauk yang paling nikmat adalah rasa lapar

    dari tampilan enak
    dari rasanya mbuh ra ruh😀

  14. D3pd Says:

    naturally ya, ternyata banyak yang belum saya ketahui tentang budaya Indonesia, ^_^…V salam D3pd

    budaya adalah hasil budi daya manusia.
    betul juga, makanan adalah salah satu budaya…
    thanks for mampir🙂
    salam

  15. gerlnich Says:

    wah..
    gud blog..
    Lam kenal
    Visit Back

    lam kenal juga
    sudah back to visit tadi😉

  16. classically Says:

    Tempe nya terlihat enakk..
    Jd terlalu sering merokok, Pak.. =)
    Menu ibu kelihatannya selalu jd andalan ya.. hehe

    salam,
    classically

    makasih sarannya
    tapi memang susah untuk menghentikan sesuatu yang mencandukan
    salam🙂


  17. wah asik tuh🙂 ada sambelnya… lapeeeerrrrrrr

    harusnya : ada sambelnya… pedeeeessss
    begitu bro🙂

  18. faza Says:

    masak-masak sendiri… hehehe..
    tapi hasilnya mantep mas noe, aku dadi ngiler, apalagi liat sambel en ikan asinnya, Hhmmm, Dari pict nya terbayang kelezatannya…
    btw ternyata kita senasib bro… gue jg sendiri di tanah purwakarta ini😦
    c u…

    purwakarta – pekalongan?
    kita sisipan jalan berarti😀
    sepanjang tegal-pekalongan masih bisa bertemu🙂

    • faza Says:

      yoi, seminggu skali ketemunya. itupun kalo lg ga sibuk banget🙂
      sering banget aku nginep di pom bensin mana aja, kl pas ngantuk datang, mobil dipinggirkan, truss ZZzzz…., setengah jam kemudian kembali ngebut, Pulaaaang ke pangkuan cinta
      hehehe…

      bukannya pulang memangku cinta?😛

  19. duadua Says:

    warung koboi.apaan tuh..? ( pake gayanya jaja miharja)
    iya nih,kadang-kadang rindu sama masakan kampung…tapi untung istri jago masak

  20. duadua Says:

    warung koboi.apaan tuh..? ( pake gayanya jaja miharja)
    iya nih,kadang-kadang rindu sama masakan kampung…tapi untung istri jago masak

    hehehe

    aneh ya
    komeng yang satunya terperangkap askimet…
    heran😦
    warung koboi itu warung abal-abal yang di pinggir jalan itu.
    warung kaki lima lah, meskipun penjualnya berkaki dua🙂

  21. eNgga Says:

    mari mangan gak udut yo eneg…

    SETUJU !! xp

    jiahaha…

  22. yorick Says:

    waaahh… jadi laper..
    jadi inget waktu main k rumah temen di pedalamaan garut, ya kaya ginilah makanannya… asik gan, makan ditengah sawah…

    ehh… ini masakan ndeso tapi bukan pedalaman…
    ndeso boleh tapi bukan pelosok banget😀

  23. Cak Win Says:

    Baru tau aku😀

    😛

  24. uni Says:

    hehe, masak sendiri ya sahabat, napa sang istri ga diajak tinggal bareng aja?

    soale istrinya juga lagi pengen masak sendiri
    jadinya ditinggal dulu biar masing2 bisa masak sendiri😀
    j/k
    salam…

  25. julie Says:

    sedap keknya
    kirim sini lah

    via email
    atau via dinding febuq😛

  26. KangBoed Says:

    MAUUUUUUU… BAGI DUNK SAMBAL NU LADA MANSTAAAABSS SURANTAAAABBBSSSS
    SALAM SAYANG

    mantabs salam sayangnya kangboed
    sori ya ini ndak dibagikan ke fakir kaya😀

  27. tigaw Says:

    kalau itu mah empat sehat lima sempurna tinggal dilengkapi lagi mana foto dayang2nya…. salam kenal mampir mas….

    bukan
    itu empat sehat lima sampoerna amild😀

  28. Abdul Cholik Says:

    Wah,nasi dan sambelnya itu yang bikin mak yusssssssss.
    Begitu ada kata mendoan baru ketahuan bila nak Wisnu itu Obama (orang Banyumas ya).
    Mantap nak,lanjutken perjuanganmu.
    Pakde doakan selalu sehat-barokah,adoh bilai-cedak rejeki.Amin

    amin amin
    mendoan ndak cuma ada di banyumas lho
    sepanjang pantura juga menyebutnya dengan mendoan🙂

  29. lelaki aneh Says:

    walah jadi laper rek, perut jadi melilit, tapi apa daya lagi gak punya duit, jadi terpaksa puasa ampe seminggu yang dateng. kalu nggak kondangan biar bisa makan gratis, atau cari temen yang mau beliin gue makan. loe mau beliin gue makan gak?

    enak aja beliin
    wong ini bikin sendiri kok😛
    not for sale

  30. G - Carinoo Says:

    weleh .
    laper .

    sama🙂


  31. Btw,btw,btw… Mendoan tuh apa yah??hehe..

    mendoan = tempe digoreng pake glepung eh tepung tapi ndak sampe kering. masih kiwir-kiwir ketiwir😀

  32. Widdy Says:

    Pg…Waaah tempe mendoan kesukaan aku itu,hmm jadi pengen🙂

    tapi jadinya gosong, om😦


  33. hahaha
    tak jauh beda dengan seleraku🙂

    tapi jangan keterusan krn tidak bergizi🙂


  34. Jadi laper. . weh, enakx dbuatin ibu tercinta..*ngiler*

    weh… ini buatan saya kok


  35. itu menu yang bikin saya terus bergairah utk menapaki jejak kehidupan, mas noe. saya selalu kangen pada menu khas kampung halaman seperti itu.

    hmmm… rasa-rasanya yg berkomentar seperti ini pasti zone 80-an ke bawah😀

  36. MacFamous Says:

    beeh lauknyaa sadisss bok .. buahahha
    kal laper apa pun makanannnya minumnya teh botol .. lhoo heheh😉

    teh botol pepsi😀

  37. Acha Says:

    entah knp ya kalo mbaca soal makanan.. perut serasa berputar-putar.. dan air liur mendadak bnyk.. apalagi mkanan yg diposting ini bikin nafsu makan ini menjadi liar tak terkendali..

  38. KangBoed Says:

    WAAAAH.. JIGANA SAKIT PERUT YAAAAA.. KEBANYAKAN MAKAN SAMBAL
    SALAM SAYANG

    SEMOGA CEPAT SEMBUH


  39. Klo bisa, dikurangin rokoknya mas, ngka bagus buat diri sendiri apalagi anak (klo udha punya anak)

    stop smoking for human being

  40. kawanlama95 Says:

    mas ngiler neeh aku, belom nyarap and minum yang anget2 udah ngeblok. .wah bikin minuman dulu dah. kopi dari kampung ortu enak banget loh mas mau -mau. tapi ngirimnya gimana ya

  41. kir31 Says:

    kayaknya enak,,cuman,,ga ada gizinya!!!wkwkwkwkkw…

  42. edda Says:

    Wahh enak bgt kyaknya😀

  43. senoaji Says:

    MDR CCTku aku leh komeng awan-awan, didepi uborampe tombo luweh! kujur pitulikur, sik budhal warung sik

    komeng dinyatakan BERSAMBUNG disebabkan komengtator wetenge mawut akibat luweh sak piturute

    kategori postingan kejam. wkwkkwkwkkkwwk

  44. didta Says:

    dIRumahku gak penah ada makanan, selalu setia dng rasa lapar dan penderitaan

  45. alamendah Says:

    Punya makanan enak gini gak bilang-bilang, Gue kebagian, gak ya?

  46. mira Says:

    jarang nemu makanan gituan. pengen. >,<

  47. D3pd Says:

    laper, ^_^… V chayoo

  48. saathya Says:

    saya jadi ngiler *nyari tisue sambil ngelap air liur*

  49. soulharmony Says:

    saya juga ikut ngiler

  50. suryaden Says:

    untung bar maem aku moco iki…
    suegere…

    xixixixi…😀

  51. omagus Says:

    ikan asin memang mantap..!

    kalo ndak gosong, bro😀

  52. malmos Says:

    iki ceritane, mr. crab mencoba resep cady pretty terbaru to? wkwkwkwkwk…. hmmmmm, kayaknya bisa dicoba

    ______
    ~noe~:
    chef parah kuin😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: